Rangkaian impian

Masa depan saya ketika lulus dari fakultas bisnis dan menejemen

awalnya aku ga berminat menggambil jurusan anak ips, aku tadinya ingin menggambil jurusan kimia karena aku dari sma aku suka dengan pelajaran kimia, awalnya aku sangat menaruhkan semuanya kepada SNMPTN dan SBMPTN, dan aku juga pernah mencoba mnedaftarkan diri ke STAN aku benar-benar mempersiapkan itu semua, tapi allah berkehendak lain, dan memberiku jalan yang terbaik. Yaitu masuk UNIVERSITAS WIDYATAMA. aku menetapkan pilihanku di jurusan menejement yang awalnya aku ga terlalu mengerti apa itu yang dipelajari ilmu menejemen. Aku berharap mendapatkan nilai tertinggi seperti di jaman SMA.

Aku akan sedikit mengupas apa aja sih yang ada di jurusan menejemen

KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN

Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:

Manajemen Keuangan : Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.

Manajemen Pemasaran: Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat pemasaran produk tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM): Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.

Manajemen Operasional: Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.

Nah aku ingin sedikit cerita mamahku bercerita tentang anaknya bibi yang berhasil mendapatkan ipk tertinggi dkampus dan ternyata dia berkuliah sama dengan ku dia angkatan 2013 yang sebentar lagi akan di wisuda, tapi dia sudah ditarik oleh suatu perusahaan yaitu Bank Indonesia dibagian Keuangan. Aku mulai tertarik ketika mamahku bercerita tentang menejemen keuangan, maka aku sedikit beberapa yang ada di menejemen keuangan.

Dan sekarang aku akan membahas lebih dalam dengan pilihanku

Berikut fungsi menejemen keuangan

  • Perencanaan keuangan
    Fungsi ini adalah untuk merencanakan keuangan yang berhubungan dengan pengeluaran dan pemasukan uang dalam perusahaan untuk periode tertentu.
  • Anggaran keuangan
    Setelah manajer keuangan melakukan perencanaan keuangan maka selanjutnya adalah penganggaran keuangan.
  • Pengelolaan keuangan
    Manajemen keuangan juga berfungsi untuk mengatur pengelolaan keuangan dengan tepat.
  • Menyimpan uang
    Manajemen keuangan akan mengumpulkan dana perusahaan maka dana yang terkumpul tersebut akan disimpan agar aman.
  • Pengendalian keuangan
    Dalam kegiatannya manajemen keuangan juga akan mengendalikan dana yang dimiliki perusahaan agar tidak digunakan sia-sia.
  • Pemeriksaan dan pelaporan keuangan
    Untuk mencegah penyimpangan terhadap dana perusahaan maka manajemen keuangan akan mengatur pemeriksaan keuangan kemudian melaporkan semua pemeriksaan keuangan tersebut kepada atasan dengan data yang akurat.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Keuangan

  1. Obligasi
  2. Kelas-kelas Bisnis Inti
  3. Keuangan Perusahaan
  4. Ekonometri
  5. Ekonomi
  6. Laporan Keuangan
  7. Keuangan Pemerintahan
  8. Investasi Perorangan
  9. Institusi dan Kebijakan Moneter
  10. Manajemen Portofolio
  11. Statistik

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Keuangan

Karir dibidang keuangan mencakup profesi seperti: penjual obligasi, keuangan perusahaan, analisis keuangan, perencanaan keuangan, underwriting, investasi perbankan, modal ventura, dan manajemen portofolio baik itu di sektor perbankan, lembaga-lembaga sektor publik ataupun pemerintah.

 

Kesimpulan

Dengan niat dari hati aku berharap impianku yang belum tercapai semoga di masa yang akan datang entah besok entah sekarang impianku akan terwujud satu persatu, dengan usaha semaksimal mungkin. Dan aku ingin lulus tepat waktu dan mendapatkan ipk tertinggi walaupun meraihnya tidak segampang membalikan telapak tangan, aku ingin berkerja di perusahaan besar pulo mas, dan membahagiakan kedua orangtuaku dan masih banyak lagi impianku yang masih aku rangkai satu persatu.

Sekian dan terimakasih

http://ahlipresentasi.com/tugas-dan-fungsi-manajemen-keuangan-serta-job-des-manajer-keuangan/       http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-keuangan

Dosen pengampu : D.J Anderson Butarbutar, S.E.,S.Kom.,M.M

Leave a Reply

