Marikita melihat perkembangan teknologi komputer

Perkembangan penggunaan komputer semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pentingnya komputer dalam peranan kehiduan sehari-hari. Contohnya saat kita ingin mengerjakan tugas pekerjaan, dengan adanya komputer akan lebih cepat dengan menggunakan teknologi komputer. Asal usul komputer diambil dari bahasa inggris, yaitu dari kata TO COMPUTER atau COMPUTARE dalam bahasa latin yang berarti menghitung. Komputer sendiri adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapih dan teliti. Teknologi adalah sebuah metode praktis yang digunakan untuk menciptakan sesuatu yag berguna dan bisa digunakan berulang kali.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer

Generasi ke empat (1971 sampai sekarang)

Pada generasi ke empat, komputer digunakan secara individu baik dalam pekerjaan, disekolah, dan dirumah. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi microprocessor dan sofware yang mudah digunakan oleh pemakai.

Hardware

Yang didirikan oleh Robert Noyce memperkenalkan microprocessor (intel 4004)  ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. Pada tahu 1971 sebagai hasil kerja keras dari Ted Hoff dengan bantuan oleh beberapa ilmuan intel lainnya.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Kesimpulan

Teknologi yang semakin maju dengan berjalannya waktu dan pengaruh budaya asing akan semakin cepat berubah, Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dan pastinya paasar persaingan komputer dimasa yang akan datang akan semakin berat dengan adanya penuemuan -peneumuan yang berbeda dan kegunaaanya juga akan jauh lebih berguna dimasa yang akan datang.

referensi

http://ndankaprilia.blogspot.co.id/2013/02/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Prof.Dr.Azhar susanto.Mbus.Ak.2008.pengantar Aplikasi Komputer edisi3.linggajaya

Dosen pengampu : D.J Anderson Butarbutar, S.E.,S.Kom.,M.M

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s